EKSOTIKA RANU BEDALI

March 21, 2017

Kata Ranu berasal dari bahasa jawa kuno (kawi) yang berarti danau atau kolam.Ada beberapa karakteristik danau diantaranya adalah mempunyai air yang cukup dalam, terdapat beberapa tumbuhan air yang menutupi sebagian tepi danau, terdapat gelombang kecil yang ada di permukaan danau dan mempunyai permukaan yang lebih tinggi daripada permukaan air laut.

            Memasuki Kabupaten Lumajang, dari arah utara terdapat kecamatan yang bernama Ranuyoso. Di kecamatan ini terdapat 11 desa, salah satu diantaranya adalah Desa Ranu Bedali. Di desa ini terdapat objek wisata alami, masyarakat menyebutnya Ranu Bedali. Ranu Bedali adalah sebuah danau di kecamatan Ranuyoso, Lumajang, Jawa Timur. dan merupakan salah satu tempat wisata alami yang ada di Kabupaten Lumajang, letaknya sekitar kurang lebih 15 km di sebelah utara kota Lumajang. Ranu Bedali merupakan rangkaian dari tiga danau yaitu Ranu Bedali, Ranu Klakah dan Ranu Pakis. Sebagai rangkaian kawasan Segitiga Ranu, dengan jarak 7 Km dari Ranu Pakis atau 6 Km dari Ranu Klakah. Objek wisata Ranu bedali ini mempunyai keinggian 700 M dari permukaan laut dengan luas danau 25 Ha dan kedalaman 28 m.

            Ranu Bedali mempunyai panorama yang sangat indah, di pagi hari tampak hijau dan sejuk karena masih diselimuti kabut. Dari kejauhan tampak jelas pesona keindahannya. Ranu Bedali termasuk dari segi tiga ranu yang ada di wilayah utara Kabupaten Lumajang, dua diantaranya yakni Ranu Pakis dan Ranu Klakah. Yang membedakan Ranu Bedali dengan dua ranu lainnya adalah view yang ada pada Ranu Bedali lebih eksotis dan tingkat kecuramannya lebih dalam dibandingkan dengan Ranu Pakis dan Ranu Klakah.

 

 

 

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

LAVA TOUR SEMERU

July 22, 2020

1/4
Please reload

Recent Posts

July 22, 2020

January 8, 2020