PABRIK GULA JATIROTO

Pabrik Gula Jatiroto terletak di Desa Wisata Kaliboto Lor Kecamatan Jatiroto Kabupaten Lumajang. Jarak tempuh dari pusat kota sekitar 10 km atau sekitar 15 menit, berada di bagian Timur wilayah Kabupaten Lumajang yang berbatasan dengan Kabupaten Jember.


Pabrik Gula Jatiroto mempunyai Daya Tarik Wisata berupa bangunan fisik yang unik karena tempat ini termasuk dalam klasifikasi wisata cagar budaya kolonial, dimana bangunan pabrik Gula ini merupakan peninggalan masa kolonial Belanda. Akses menuju Pabrik Gula Jatiroto sangat mudah, tempat ini mempunyai daya tarik wisata yang berbeda dengan objek wisata lainnya, terdapat Rumah Dinas Karyawan yang masih asli dapat dimanfaatkan sebagai Kawasan Heritage, karena penataannya yang merupakan konsep tempo dulu ciri khas penataan bangunan masa Belanda.


Selain itu terdapat jalur kereta loko khusus untuk angkutan tebu dari wilayah lahan tebu ke lokasi pabrik di Kabupaten Lumajang, jalur ini dibangun oleh Belanda untuk mempermudah akses mobilitas pengangkutan. Loko masih berfungsi hingga sekarang, apabila dilakukan eksplorasi pengembangan wisata keliling dengan menggunakan loko dengan atraksi edukasi sejarah tentang Pabrik Gula dan asal daerah Jatiroto tersebut akan menjadi sangat diminati oleh wisatawan.



Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan 

Kabupaten Lumajang

Kawasan Wonorejo Terpadu (KWT)

Kedungjajang Lumajang Jawa Timur

Email  : pemasaranlumajang@gmail.com

Tlp.      : (0334) 882-058

               (0334) 891-418