Dinas Pariwisata dan Kebudayaan 

Kabupaten Lumajang

Kawasan Wonorejo Terpadu (KWT)

Kedungjajang Lumajang Jawa Timur

Email  : pemasaranlumajang@gmail.com

Tlp.      : (0334) 882-058

               (0334) 891-418

PERGELARAN APRESIASI WAYANG KULIT 2017

July 22, 2017

Dalam rangka melestarikan budaya bangsa, salah satunya adalah kesenian Wayang Kulit, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur bersama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lumajang menyelenggarakan Pergelaran Apresiasi Wayang Kulit 2017 yang bertempat di Alun-alun Kabupaten Lumajang malam tadi, Jumat 21 Juli 2017.

 

Acara ini dihadiri oleh Dra. Hartini, MM selaku Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, Bupati Lumajang Drs. As'at Malik, M.Ag, Wakil Bupati Lumajang, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lumajang, Ketua DPRD Kabupaten Lumajang dan segenap Forkopimda Kabupaten Lumajang.

 

Dalam sambutan pertama yang disampaikan oleh Kabid Kebudayaan Disbudpar Provinsi Jawa Timur ditegaskan bahwa Wayang Kulit yang sudah tercatat di Unesco harus tetap lestari, jangan sampai musnah tergerus dengan perkembangan zaman, harus terus dikenalkan kepada generasi penerus bangsa.

 

Sambutan selanjutnya adalah dari Bupati Lumajang, Drs.As'at Malik, M.Ag. Ucapan terima kasih kepada Disbudpar Provinsi Jawa Timur yang telah merespons dengan baik atas permintaan Pemerintah Kabupaten Lumajang untuk penyelenggaraan kegiatan ini. Tak lupa beliau mempersembahkan beberapa pantun yang dikemas dalam suatu lagu yang diiringi oleh seniman di atas panggung, cukup banyak pesan yang disampaikan dalam pantun tersebut, salah satunya adalah membangkitkan semangat masyarakat Lumajang untuk membangun lumajang secara bersama-sama melalui kegiatan-kegiatan positif seperti ini. Salah satu program prioritas pembangunan Kabupaten Lumajang adalah mempertahankan budaya, bentuknya bukan hanya Jaran Kencak atau Tari-tarian, tetapi juga budaya ramah tamah, sopan santun dan kearifan lokal lainnya harus tetap dipertahankan. Terakhir adalah beliau menyampaikan harapan untuk mengikuti kegiatan ini sampai dengan selesai, karena isi pesan dalam kisah pewayangan nanti sangat bermanfaat sebagai pedoman yang baik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

 

 

 

 

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

KONSER PRAPATAN DIDI KEMPOT 2020

January 9, 2020

1/2
Please reload

Recent Posts

January 8, 2020