PELATIHAN PERENCANAAN WISATA

July 30, 2017

Dalam rangka peningkatan SDM Kepariwisataan di Kabupaten Lumajang, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lumajang menyelenggarakan pelatihan perencanaan wisata selama 7 hari, 24-30 Juli 2017, dengan jumlah peserta sebanyak 25 orang yang meliputi perwakilan pengurus pokdarwis, dan tenaga pengelola obyek wisata. Pelatihan ini dilaksanakan dengan dua metode, yakni In Class dan Out Class.

 

Pelatihan dibuka secara resmi oleh Plt. Sekda Kabupaten Lumajang di Hall Hotel Prima Sukodono Lumajang, dalam sambutannya disampaikan beberapa hal diantaranya adalah pentingnya sebuah branding wisata, pentingnya inovasi dalam mengelola objek wisata, pentingnya jiwa enterpreuner yang handal sehingga tidak mudah putus asa, infrastruktur yang cukup memadai, pelayanan yang prima, keramahtamahan dan terakhir adalah pemasaran yang sesuai dengan target pasar masing-masing objek.

 

“Jangan hanya cukup berbangga atas potensi wisata yang dimiliki oleh Kabupaten Lumajang, tetapi yang harus disiapkan adalah bisnisnya, sehingga kemajuan Kepariwisataan Kabupaten Lumajang benar-benar berdampak pada pengembangan ekonomi masyarakat lokal”, ujar Arif Efendi, S.STP selaku Kepala Bidang Pemasaran Disparbud Kabupaten Lumajang saat menyampaikan Laporan Ketua Panitia Pelaksana Pelatihan.

 

Selama tiga hari, peserta menerima materi pelatihan dengan metode In Class dengan dimenthori oleh empat orang Narasumber profesional di Bidang Pariwisata yang didatangkan langsung dari DI.Yogyakarta. Kemudian dilanjutkan metode Out Class dengan melakukan pengamatan orientasi lapangan di empat Obyek Wisata, Gua Kalisuci, Gua Pindul, Agrowisata Pulesari, dan Wisata Belanja Kasongan. Puncaknya adalah malam inagurasi Pelatihan Perencanaan Wisata Tahun 2017, dimana para peserta melaporkan seluruh hasil pengamatan orientasi lapangan di empat obyek wisata tersebut. Harapan dari kegiatan pelatihan ini menjadi awal untuk berkembangnya Kepariwisataan Kabupaten Lumajang.

 

 

 

 

 

 

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

KONSER PRAPATAN DIDI KEMPOT 2020

January 9, 2020

1/2
Please reload

Recent Posts

January 8, 2020

Please reload

Archive