Dinas Pariwisata dan Kebudayaan 

Kabupaten Lumajang

Kawasan Wonorejo Terpadu (KWT)

Kedungjajang Lumajang Jawa Timur

Email  : pemasaranlumajang@gmail.com

Tlp.      : (0334) 882-058

               (0334) 891-418

PENDAKIAN SEMERU (KALIMATI)

August 7, 2017

Objek wisata minat khusus ini terletak di antara Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa yang termasuk dalam jajaran 7 Summit Indonesia.

 

Gunung berapi tertinggi ke-7 di Indonesia dengan puncaknya Mahameru ini sangat populer di kalangan pendaki dengan sebutan "Puncak Abadi Para Dewa". Selain dikelilingi perbukitan yang indah, Gunung Semeru juga terkenal dengan keindahan Ranu Kumbolo yang sangat memikat mata para petualang dan selalu menjadi tujuan pendaki maupun penikmat alam. 

 

Untuk menuju lokasi ini, wisatawan dapat melewati jalur pendakian umum yakni melewati Desa Ranupani. Para pendaki dapat memarkirkan kendaraan mereka di tempat parkir yang disediakan  untuk umum, kemudian melanjutkan perjalanan mereka untuk sampai di puncak Mahameru. 

 

Setelah melewati gerbang Selamat Datang, pendakian Gunung Semeru dimulai dengan jalur landai kemudian menanjak di samping lahan pertanian penduduk. Selanjutnya adalah perjalanan menuju beberapa pos menuju Ranu Kumbolo, danau ini sangat terkenal keindahannya karena dikelilingi bukit-bukit yang tinggi. Sekitar empat jam dari lokasi ini menuju Puncak Mahameru, yang mempunyai ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut, suhu di Puncak Mahameru berkisar antara 4-10 derajad celcius, dari sini wisatawan dapat menyaksikan view Gunung Bromo, Argopuro, Raung, Arjuno, Welirang, Lawu dan Kawah Jonggring Saloko. 

 

 

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

KONSER PRAPATAN DIDI KEMPOT 2020

January 9, 2020

1/2
Please reload

Recent Posts

January 8, 2020