SEMERU FESTIVAL 2017, GAUNGKAN BUDAYA TENGGER DI LERENG SEMERU.

Semeru Festival 2017 kembali digelar dan berlangsung meriah. Event yang diselenggarakan pada Hari Minggu kemarin di lapangan Desa Ranu Pane ini merupakan gelaran ke 2 dalam rangka mengangkat dan mengenalkan adat Suku Tengger di tanah Senduro. Semeru Festival merupakan festival yang digelar bertepatan dengan Hari Raya Karo. Dalam kepercayaan umat Hindu suku Tengger, Hari Raya Karo adalah hari terciptanya manusia di muka bumi.


Semeru Festival merupakan Gelaran Festival yang bertepatan dengan Hari Raya Karo masyarakat adat Tengger di wilayah Kabupaten Lumajang (Ranu Pane) dengan menampilkan budaya adat dan seni yang bersumber dari kearifan lokal masyakat setempat serta seniman luar daerah. Semeru Festival ini diselenggarakan dalam rangka mengangkat dan memperkenalkan kepada masyarakat luas tentang adat budaya lokal khususnya hari raya Karo dengan tujuan menjadi salah satu daya tarik untuk diapresiasi dan dikunjungi, sehingga berdampak pada peningkatan kunjungan wisatawan dan kesejahteraan bagi warga setempat melalui event yang digelar, selain itu acara ini memiliki filosofi penting dalam kehidupan masyarakat khususnya bagi suku Tengger.


Kegiatan yang di mulai dengan arak-arak hasil bumi suku tengger ini mendapat banyak perhatian wisatawan yang akan atau sudah mendaki menuju semeru, selain itu wisawatawan mancanegara juga dapat menikamati local wisdom asli suku Tengger Lumajang yang di kemas dalam festival Semeru.


"Festival ini bertepatan dengan Hari Raya Karo, ini sepertinya harus dipadukan (dengan diadakannya festival semeru) supaya semakin semarak, karena banyak orang yang ingin tahu orang tengger itu seperti apa," ungkap Bupati Lumajang,Drs. As'at,M.Ag saat memberikan sambutannya dalam Puncak Semeru Festival, Minggu (24/9).


Sebagai wujud nyata komitmen Bupati As'at dalam memajukan Ranu Pani sebagai salah satu destinasi wisata internasional, Pemkab Lumajang akan terus melakukan perbaikan akses menuju Ranu Pane.


"Kami terus berkomitmen memperbaiki akses jalan menuju Ranu Pane. Nanti kalau sudah semua, tentu lebih mempercepat akes ke tempat wisata di Ranu Pane yang saat ini sudah semakin mudah dan cepat di akses oleh wisatawan, yang ingin kita capai adalah bagaimana Ranu Pane ini tetap bertahan bagus dan lebih dikenal banyak orang" ujar Bupati As'at.







Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan 

Kabupaten Lumajang

Kawasan Wonorejo Terpadu (KWT)

Kedungjajang Lumajang Jawa Timur

Email  : pemasaranlumajang@gmail.com

Tlp.      : (0334) 882-058

               (0334) 891-418