Dinas Pariwisata dan Kebudayaan 

Kabupaten Lumajang

Kawasan Wonorejo Terpadu (KWT)

Kedungjajang Lumajang Jawa Timur

Email  : pemasaranlumajang@gmail.com

Tlp.      : (0334) 882-058

               (0334) 891-418

RATUSAN KUDA MERIAHKAN FESTIVAL JHARAN KENCAK

November 27, 2017

Festival Jharan Kencak dibuka oleh Bupati Drs. As'ad, M.Ag siang hari ini Minggu 26 Nopember 2017, sekitar pukul 13.00 WIB di Alun-alun Lumajang. Jumlah peserta sebanyak 9 jaran joged dan 174 jaran manten, sehingga total adalah 183 peserta.

 

Seluruh rombongan Jharan Kencak melakukan kirab dengan garis start Alun-alun menuju GOR Wirabakti Lumajang melewati Jl. Kyai Ilyas. Sepanjang kirab, rombongan Jharan Kencak melakukan berbagai atraksi khas Kesenian Asli Lumajang Yakni Gerakan lincah Jharan Kencak dan Tari Kopyah. Disebut kesenian asli Lumajang karena berdasarkan Sertifikat Warisan Budaya Tak Benda dari Mendikbud kepada Kabupaten Lumajang.

 

Jharan Kencak merupakan kearifan lokal yang lahir di tengah-tengah masyarakat Pendhalungan (asimilasi Budaya Jawa dan Madura).

 

"Dengan adanya festival ini merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Lumajang agar kebudayaan di Lumajang semakin dicintai dan dilestarikan masyarakatnya", ujar Bupati As'ad saat membuka acara.

 

Dalam kesempatan besar ini, hadir Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, Dr. H. Jarianto, M.Si. Dalam sambutannya menyampaikan bahwa penyelenggaraan acara ini tidak akan rugi karena inilah hal yang ditunggu Masyarakat Lumajang dan inilah salah satu cara menciptakan guyub rukun di Lumajang.

 

Selain itu Bupati As'ad memberikan cindera mata berupa Novel Etnografi tentang Jharan Kencak kepada Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur. Novel tersebut hasil karya Rida Fitria, istri Ketua Paguyuban Jharan Kencak Kabupaten Lumajang, Abdullah Al Kudus atau yang biasa dikenal dengan Gus Aak.

 

 

 

 

 

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

KONSER PRAPATAN DIDI KEMPOT 2020

January 9, 2020

1/2
Please reload

Recent Posts

January 8, 2020