RUWATAN BUMI LAMAJANG

Dalam Rangka Hari Jadi Kabupaten Lumajang (Harjalu) yang ke-762, Pemerintah Kabupaten Lumajang menyelenggarakan "Ruwat Bumi Lamajang" pagi tadi Kamis, 14 Desember 2017 bertempat di Alun-alun Lumajang. Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Bupati Lumajang dr. Buntaran Supriyanto, M.Kes, Sekda, Asisten, serta Kepala OPD se Kabupaten Lumajang.


Beberapa rangkaian acara Ruwatan diawali dengan dituangkannya 9 sumber mata air yang dua di antaranya berasal dari Kabupaten Banyuwangi dan Blitar dan tujuh mata air lainnya berasal dari Kabupaten Lumajang ke dalam kuali besar yang terbuat dari kuningan, kemudian disiramkan ke sekitar alun-alun. Prosesi ini tentunya memiliki filosofi tersendiri yakni air suci yang mensucikan diharapkan dapat membawa keselamatan bumi dan Masyarakat Kabupaten Lumajang di masa yang akan datang.


Kemudian dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan penyerahan gunungan yang telah dipersiapkan oleh Paguyuban Sabdo Aji. Masih dalam rangkaian kegiatan ini, malam nanti pukul 19.00 WIB di Alun-alun Lumajang akan dilaksanakan Pagelaran Wayang Kulit dengan Dalang Ki Purbo Asmoro, S.Kar, M.Hum.








Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan 

Kabupaten Lumajang

Kawasan Wonorejo Terpadu (KWT)

Kedungjajang Lumajang Jawa Timur

Email  : pemasaranlumajang@gmail.com

Tlp.      : (0334) 882-058

               (0334) 891-418