Sertifikasi Pemandu Gunung Disparbud Rencanakan Tahun 2019.




Hadiri pembukaan sertifikasi uji kopetensi sektor pariwisata bidang pemandu wisata gunung di Balai Diklat KKB Jember Jawa Timur (13/09/2018).


Siapa yang tidak tahu gunung tertinggi di Pulau Jawa? Gunung Semeru sudah tidak asing lagi di dengar oleh telinga pendaki nusantara maupun mancanegara. Gunung yang wilayahnya masuk di Kabupaten Lumajang ini menjadi salah satu medan magnet wisatawan. Ternyata tidak hanya pendakian Semeru tetapi Lumajang juga punya satu gunung lagi yakni Gunung Lemongan yang juga menjadi incaran para pendaki.


Heni Ekolastono, Kasi Kelambagaan dan SDM Bidang Pemasran menjelaskan hasil diskusinya dengan salah satu anggota assesor Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia, bahwa sertifikasi sangatlah penting unutk menunjang standardisasi pemadu gunung karena legalitas itu selalu dipertanyakan oleh wisatawan nusantra dan mancanegara sebagaoi kompetensi dasar seoarang pemandu gunung.


Hal tersbut dibenarkan oleh Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lumajang, Agni Asmara Megatrah, SSTP. Merencanakan sertifikasi dan uji kompetensi pemandu wisata gunung pada tahun 2019 karena melihat potensi alam Lumajang yang memiliki dua gunung yang menjadi sasaran pendaki.


“Saya melihat dari hasil data dan informasi terkait pendakian di Gunung Semeru sangat tinggi sehingga perlu kami persiapkan sumber daya manusia yang berkompeten untuk memandu wisata khsusunya pendaki gunung”, pungkas Agni.



Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan 

Kabupaten Lumajang

Kawasan Wonorejo Terpadu (KWT)

Kedungjajang Lumajang Jawa Timur

Email  : pemasaranlumajang@gmail.com

Tlp.      : (0334) 882-058

               (0334) 891-418