Mengenalkan Cagar Budaya dan Sejarah dengan Edukasi



Dalam rangka mengenalkan salah satu potensi Cagar Budaya dan Sejarah Lumajang yakni Candi Randuagung, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lumajang pada Hari Museum Indonesia yang jatuh pada tanggal 12 Oktober 2018, menyelenggarakan lomba presentasi miniatur Candi Agung di Museum Daerah Kabupaten Lumajang,(17/10/2018) .


Kegiatan yang diselenggrakan di museum ini tidak hanya memperkenalkan koleksi-koleksi benda maupun kebudayaan yang dimiliki Kabupaten Lumajang melainkan juga menjadi sarana edukasi untu mengetahui dan mengenalkan Cagar Budaya dan Sejarah yang ada di Kabupaten Lumajang.


Kigaiatan yang diikuti oleh sisiwa SMA/sederajat ini dapat menjadi media edukasi dan promosi kepada masyarakat agar lebih mengenal dan mencintai kekayaan cagar budaya daerah. Disisi lain siswa SMA ini menjadi duta budaya yang akan mengedukasi kepada lingkungan terkait pemahaman terhadap Cagar Budaya dan Sejarah Kabupaten Lumajang.


Indrijanto, Kepala BIdang Kebudayaan Disparbud Lumajang, mengatakan peran museum sebagai media pendidikan dan pelestari Cagar Budaya dapat memberikan informasi dan pendidikan kepada masyarakat tentang perlindungan, pengembangan, pemanfaatan koleksi berupa benda, bangunan dan atau struktur yang telah ditetapkan sebagai cagar budaya.

Berkaitan dengan hal tersebut Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lumajang memandang perlu adanya suatu kegiatan yang positif bagi masyarakat khsusunya siswa sekolah untuk mengenalakan sejak dini sejarah Kabupaten Lumajang.

Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan 

Kabupaten Lumajang

Kawasan Wonorejo Terpadu (KWT)

Kedungjajang Lumajang Jawa Timur

Email  : pemasaranlumajang@gmail.com

Tlp.      : (0334) 882-058

               (0334) 891-418