Dinas Pariwisata dan Kebudayaan 

Kabupaten Lumajang

Kawasan Wonorejo Terpadu (KWT)

Kedungjajang Lumajang Jawa Timur

Email  : pemasaranlumajang@gmail.com

Tlp.      : (0334) 882-058

               (0334) 891-418

Prosesi Harjalu ke - 764 Berlangsung Khidmat dan Meriah

December 16, 2019

 

Prosesi Hari Jadi Lumajang (Harjalu)  ke - 764 yang diselenggarakan di Alun - alun Kabupaten Lumajang berlangsung khidmat dan meriah, Ahad (15/12/19) malam. 

Beragam tarian khas budaya Kabupaten Lumajang, seperti Tari Godril, Tari Bedoyo Sumunaring Lamajang serta berbagai tarian budaya lainnya, menjadi daya tarik yang menarik bagi ribuan masyarakat yang hadir.

 

Mengawali puncak prosesi tahun ini, Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, M.ML., dan Wakil Bupati Lumajang, Ir. Indah Amperawati, M.Si., beserta jajaran Forkopimda sarimbit berjalan dikawal oleh punggawa bedoyo dan cucuk lampah serta diterangi oleh obor yang dibawa pager ayu diiringi oleh macapat dan pranata lampah dari Pendopo Arya Wiraraja menuju Alun – Alun Lumajang. 

 

Disamping itu Bupati, yang akrab disapa Cak Thoriq itu, menerima Tombak Pusaka yang diserahkan oleh Ketua DPRD Kabupaten Lumajang, Anang Akhmad Syaifuddin.

Menyinggung soal sejarah, bupati dalam sambutannya menerangkan, Kabupaten Lumajang, pada 764 tahun yang lalu telah ada sistem pemerintahan yang didirikan oleh seorang pemimpin yang memiliki jati diri yang kuat, yaitu, Arya Wiraraja. 

Menurutnya, Arya Wiraraja, merupakan sosok yang mempunyai jiwa kesataria, jiwa administratur, jiwa kepemimpinan yang tangguh dan jati diri kuat yang bisa membuktikan bahwa Lamajang berdaya saing.

 

"Pada 764 tahun yang lalu ini sudah ada sistem pemerintahan yang melayani sepenuh hati dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat," terang bupati. 

 

Bupati mengatakan, pihaknya akan terus mengikuti jejak para pemimpin yang dulunya telah membangun Kabupaten Lumajang. Dengan terus memberikan pelayanan yang betul - betul dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Lumajang. 

 

Selain itu, Cak Thoriq juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mempunyai harapan, kekuatan serta komitmen yang kuat untuk bekerjasama dengan tujuan utama membangun Lumajang yang lebih baik lagi.

 

"Kami ikhtiar untuk bekerja sepenuhnya, kami bukan anti kritik, apapun saran - saran yang disampaikan oleh masyarakat kepada kami pemerintah kalau itu baik, kita akan laksanakan," tuturnya. 

 

Ia menyatakan, pemkab bersama jajaran Forkopimda Kabupaten Lumajang akan terus menjalin sinergitas untuk membangun kabupaten Lumajang yang lebih baik dan berdaya saing. 

 

Sementara itu, Wabup, Bunda Indah mengatakan Pemkab Lumajang akan terus berbenah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Menurut wabup, inti dari Pemerintahan adalah pelayanan. 

 

Maka dari itu, guna mempermudah dan mempercepat pelayanan kepada masyarakat, pemkab akan terus berupaya membangun Kabupaten Lumajang yang lebih modern dengan menerapkan Smart City. 

 

"Kedepan kita komitmen untuk membangun kabupaten Lumajang lebih modern lagi, Lumajang kita akan kembangkan smart city guna mempercepat dan mempermudah pelayanan kepada masyarakat," pungkasnya. 

 

Disisi lain, Ketua DPRD Kabupaten Lumajang,  berpesan agar Pemkab, DPRD serta jajaran Forkopimda Kabupaten Lumajang dapat menjalin kerjasama yang solid dalam membangun Lumajang yang hebat dan bermartabat.  

 

"Selamat tinggal perbedaan dan selamat datang keragaman, bukan Superman yang kita butuhkan tetapi team work (kerja tim) yang solid untuk bisa membawa Lumajang yang hebat dan bermartabat," ujarnya. 

 

Selepasnya, Gunungan hasil bumi Lumajang di akhir acara menjadi rebutan menyenangkan bagi warga masyarakat Lumajang yang hadir.

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

KONSER PRAPATAN DIDI KEMPOT 2020

January 9, 2020

1/2
Please reload

Recent Posts

January 8, 2020