PAKAIAN KHAS TENGGER

PAKAIAN KHAS TENGGER


Dari ribuan suku di Indonesia, lahir beraneka ragam kain wastra yang memiliki ciri khas tersendiri.

Salah satu contohnya Suku Tengger yang memiliki ciri khas menggunakan Kain Tenun Goyor. Kain ini termasuk dalam produk kerajinan tradisional Indonesia yang bahannya tidak kaku dan terkesan jatuh. Seiring berkembangnya zaman, kain tenun goyor diproduksi dalam bentuk “Sarung Goyor” .


Menurut Dukun Adat Ranupani (Romo Bambang) menyampaikan bahwa Sarung Goyor merupakan salah satu ciri khas masyarakat Suku Tengger. Dan ada beberapa tujuan dari penggunaan sarung goyor yakni, Gendong, Sembong dan Kaweng. Gendong diartikan sarung goyor digunakan untuk menggendong anak / suatu barang bawaan. Sembong memiliki arti digunakan untuk mengikat perut. Sedangkan Kaweng memiliki arti untuk menghangatkan tubuh.


Penggunaan kaweng juga memiliki arti disetiap simpulnya. Simpul di sebelah kanan menandakan bahwa wanita tersebut belum memiliki pasangan. Simpul di sebelah kiri menandakan bahwa wanita tersebut sudah menikah namun berpisah. Simpul di belakang menandakan wanita tersebut sedang hamil. Dan terakhir simpul di depan yang menandakan wanita tersebut sudah menikah.


Nah Sobat Wisata sudah paham kan cara penggunaan sarung goyor dan maknanya.


#LumajangTourism

#LumajangEksotik

#LumajangJawaTimur

#SarungGoyor

#Ranupani








Featured Posts