SEDEKAH DESA PANDANARUM

SEDEKAH DESA PANDANARUM

Ruwat bumi atau sedekah bumi merupakan tradisi ritus yang sudah diwariskan oleh nenek moyang kita. Tujuan Sedekah Bumi ini adalah mengucapkan rasa terima kasih (syukur) kepada Tuhan atas segala limpahan dari hasil bumi dan permohonan agar selalu dijauhkan dari gangguan dari penyakit, dan permusuhan sesama warga.

Kegiatan sedekah desa di Desa Pandanarum dilaksanakan dibulan besar. Sedekah desa ini diawali dengan ritual penyembelihan kambing kendit yang dilaksanakan ketika fajar oleh tuwowo/ sesepuh desa di sungai besar (darah dari kambing kendit ini harus mengalir di aliran sungai yang mengaliri sawah masyarakat agar mendapat berkah).Setalah dipotong daging kambing tersebut dibawah ke pesanggrahan untuk dimasak oleh tuwowo wedhok/ ibu ibu secara gotong royong. Kemudian berdoa dipimpin oleh tuwowo pedukuhan.

Setelah itu dilanjutkan dengan arakan kerapan sapi. Arakan dilaksanakan di depan pesanggarahan menuju jalan ke area persawahan warga dan kembali lagi ke pesanggrahan untuk mengikuti kesenian ritual tayub. Kesenian ini memiliki makna bisa mempersatukan perbedaan seluruh warga kedalam sebuah kebahagian kesenian tayub.

Warga desa Pandanarum mempercayai jika tidak melaksanakan sedekah desa maka akan gagal panen.


#LumajangTourism

#LumajangEksotik

#LumajangJawaTimur

#SedekahDesaPandanarum

#budayasaya

#budayalumajang




Featured Posts
Recent Posts